Manajemen Pemasaran disebut
juga sebagai Permintaan karena adanya suatu analisis,
perencanaan, implementasi, dan pengendalian dari program-program yang dirancang
untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat
dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi.
Manajemen pemasaran meliputi mengatur permintaan,
yang selanjutnya mencakup mengatur hubungan dengan pelanggan. Definisi ini
mempunyai beberapa pengertian penting mengingat :
1)
Seluruh sistem dari
kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen.
2)
Keinginan konsumen
harus diketahui dan dipuaskan secara efektif.
3)
Pemasaran adalah
proses bisnis yang dinamis karena merupakan sebuah proses integral yang
menyeluruh dan bukan gabungan aneka fungsi dan pranata yang terurai.
4)
Program pemasaran
dimulai dengan sebutir gagasan produk dan tidak terhenti sampai keinginan
konsumen benar-benar terpuaskan, mungkin beberapa waktu setelah penjualan
dilakukan.
5)
Untuk berhasil
pemasaran harus memaksimalkan penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka
panjang.
Kegiatan pemasaran agar supaya
dapat berjalan sesuai dengan tujuannya maka diperlukan adanya kegiatan
manajemen atau manajerial. Kegiatan manajerial yang utama
adalah :
·
perencanaan,
·
organisasi,
·
koordinasi kerja,
·
pengawasan
Adapun tugas manajer pemasaran
adalah :
1.
Perencanaan terhadap kegiatan pemasaran
2.
Menggiatkan pelaksanaan kegiatan pemasaran
3.
Pengendalian kegiatan pemasara
BEDA
KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BERDASARKAN KONSEP INTI PEMASARAN
Kebutuhan
adalah
suatu keadaan yang dirasakan tidak ada dalam diri seseorang. Manusia memiliki
kebutuhan yang kompleks dan bertingkat,yaitu; kebutuhan fisik, keamanan dan
keselamatan, sosial, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Perilaku
manusia dalam memenuhi kebutuhan ditentukan oleh tingkat kebutuhan mana yang
paling mendesak. Apabila salah satu tingkat kebutuhan telah terpenuhi maka ia
akan berhenti sebagai faktor motivator.
Keinginan merupakan kebutuhan
manusia yang dihentuk oleh budaya dan kepribadian individu. Akibat perbedaan corak
budaya yang beraneka ragam maka keinginan seseorang akan dipengaruhi oleh
lingkungan sosial budayanya. Keinginan manusia bersifat tak terhatas, sedangkan
sumber-sumber untuk memenuhi keingian tersebut bersifat terbatas.
BEDA PASAR DAN PEMASARAN
Pasar
adalah tempat
pertemuan anatara penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya daerah, tempat,
wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling
bertemu dan membentuk harga.
Pemasaran adalah proses perpindahan barang atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
Pemasaran adalah proses perpindahan barang atau jasa dari produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen.
MARKETING MIX
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah campuran dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
McCarthy mempopulerkan sebuah klasifikasi yang terdiri dari empat faktor variabel tersebut yaitu:
Products:
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan
Place:
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
Promotion:
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Price:
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
Marketing mix atau bauran pemasaran adalah campuran dari variabel-variabel pemasaran yang dapat dikendalikan yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan dalam pasar sasaran.
McCarthy mempopulerkan sebuah klasifikasi yang terdiri dari empat faktor variabel tersebut yaitu:
Products:
segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke suatu pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan
Place:
merupakan faktor penting yang berhubungan dengan pemilihan toko karena lokasi yang strategis menentukan volume penjualan sebuah toko
dan sasaran pelanggan.
Promotion:
merupakan salah satu variabel dalam bauran pemasaran yang perlu dilaksanakan oleh perusahaan dalam memasarkan produk dan jasa.
Price:
Strategi penetapan harga, terdiri dari 4 strategies, mulai dari: prestige pricing, competitive pricing, and penetration pricing.
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar